Widget HTML #1

Penyebab Kemungkinan Smartphone Bisa Bootloop dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kemungkinan Smartphone Bisa Bootloop dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kemungkinan Smartphone Bisa Bootloop dan Cara Mengatasinya - Bootloop adalah sebuah keadaan dimana smartphone yang kita miliki tidak bisa masuk kedalam layar homescreen, jadi smartphone hanya bisa menyala hingga sampai logo saat pertama kali menyalakan nya saja.

Biasanya hal-hal ini sering dirasakan oleh agan-agan yang memang sering menggonta-ganti ROM dengan Cusrom (custom ROM). Tapi tidak hanya itu saja, terkadang orang-orang yang tidak mengerti "oprek" smartphone pun bisa mengalaminya.

Nah untuk itu disini saya akan menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab dan juga cara mengatasi dari bootloop itu sendiri. Tanpa perlu banyak basa-basi lagi langsung saja berikut pembahasannya.

Penyebab Kemungkinan Smartphone bisa Bootloop

1. Salah flashing custom ROM

Yang pertama adalah karena agan-agan salah flashing custom ROM. Tidak semua cusrom itu memiliki sistem yang "kompatibel" atau support atau cocok dengan sistem pada smartphone kita. Hal-hal seperti ini biasa terjadi bagi kita yang sering otak-atik sistem smartphone.

Jadi ada baiknya, agan-agan menginstall cusrom yang sudah tidak ada bug atau sudah benar-benar 100% cocok untuk smartphone kita. Beda hal nya dengan agan-agan yang memang ingin memporting custom ROM dari device lain, biasanya orang-orang seperti ini sudah memahami cara dan konsekuensinya.

2. Menginstall Modifikasi dari Device Lain yang Tidak Cocok

Yang kedua bisa jadi karena agan-agan menginstall modifikasi dari device lain yang tidak cocok dengan smartphone yang agan pakai. Sehingga membuat sistem yang berjalan menjadi "kebingungan" untuk menjalankan nya (karena beda sistem dan perintahnya) dan mengakibatkan sistem menjadi "crash".

3. Merestore Sistem yang Telah di Backup

Ketika agan-agan merestore data yang berkaitan dengan sistem itu juga dapat mengakibatkan smartphone menjadi bootloop. Karena data yang lama belum terhapus secara sempurna hingga mengakibatkan sistem menjadi menumpuk satu sama lainnya.

4. Salah Mengatur Permission File Sistem

Ada baiknya agan berhati-hati ketika mengatur permission dari file sistem yang ingin agan ubah dan perbaharui. Biasanya kita menemukannya ketika kita mengedit file sistem lewat aplikasi Root Explorer dan menset permission file sistem ke R-W-RR (dan sebagainya).

Nah jika terjadi bootloop karena beberapa hal diatas, bagaimana cara mengatasinya?. Agan-agan tidak perlu panik, silahkan ikuti cara yang saya berikan untuk mengatasi hal tersebut. berikut cara lengkap mengatasinya.

Cara Mengatasi Bootloop dengan Mudah

1. Install Cusrom yang Sudah 100% Fix dan Cocok

Yang pertama-tama agan harus lakukan adalah menginstall cusrom yang sudah fix 100% dan cocok dengan smartphone agan. Tapi perlu digaris bawahi, cara ini akan berhasil jika agan-agan masih bisa masuk kedalam CWM, TWRP, atau Recovery dan memang sudah Root sebelumnya.

Karena biasanya bootloop hanya permasalahan ringan saja, dan kita tetap bisa mengakses CWM, TWRP, atau Recovery tersebut. Silahkan install cusrom yang memang benar-benar fix dan cocok maka bootloop akan hilang.

2. Install Ulang Sistem

Yang kedua ini adalah solusi paling ampuh dari kesemuanya dan membuat smartphone kita menjadi seperti baru lagi. Karena install ulang sistem ini berbeda dengan install cusrom, dengan install ulang sistem secara keseluruhan maka smartphone akan hilang akses root nya (jika sebelumnya telah di root) dan pastinya akan mengatasi permasalahan dari bootloop ini.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kemungkinan Smartphone Bisa Bootloop dan Cara Mengatasinya"