Widget HTML #1

Penyebab Dasar Kenapa Data Pribadi Kita Bisa Hilang di Memori External Ponsel dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dasar Kenapa Data Pribadi Kita Bisa Hilang di Memori External Ponsel dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dasar Kenapa Data Pribadi Kita Bisa Hilang di Memori External Ponsel dan Cara Mengatasinya - Pernah tidak, agan-agan mengalami sebuah kondisi dimana data pribadi yang agan simpan di memori external ponsel bisa hilang begitu saja?.

Problem ini sering kali terjadi pada sebagian pengguna smartphone entah itu pengguna android ataupun pengguna IOS. Mereka berkata bahwa data pribadi mereka yang disimpan di memori external ponsel mereka tiba-tiba hilang padahal tidak mereka hapus.

Nah sebenarnya hal itu cukup simpel untuk dijawab, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membantu agan-agan menemukan jawaban nya sekaligus membantu agan-agan untuk mengatasi problem ini.

Oke tanpa banyak basa-basi, langsung saja berikut pembahasannya.

Penyebab Dasar Kenapa Data Pribadi Hilang di Memori External

1. Ikut terscan aplikasi pembersih file sampah

Hal yang pertama-tama mungkin terjadi adalah karena agan tidak sengaja menghapus file tersebut ketika membersihkan sampah-sampah lewat aplikasi pembersih sampah (entah itu bawaan dari ponsel nya atau agan download secara mandiri di Google Playstore).

Ketika aplikasi tersebut menscan semua data yang mereka anggap "sampah", maka secara otomatis aplikasi itu mengumpulkan data tersebut menjadi satu dan memberikan informasi kepada agan selaku user bahwa ada file sampah yang bisa dihapus.

Ada baiknya sebelum menghapus file sampah tersebut, agan lihat lagi apakah ada data penting yang ikut terscan atau tidak. Jikalau agan sudah yakin tidak ada file atau data pribadi yang ikut terkumpul dengan file-file sampah, maka tidak ada masalah karena setidaknya agan-agan sudah memastikannya terlebih dahulu.

Tapi hal ini tidak terjadi di semua aplikasi ya, untuk saya dan khususnya agan pengguna Xiaomi yang harus teliti dengan aplikasi keamanan ketika hendak menscan file sampah, karena biasanya ada file sampah (semacam aplikasi) yang bisa ikut terhapus (jika aplikasi tersebut memang sudah terinstall di ponsel Xiaomi agan).

2. Memori external yang agan miliki KW atau tidak original

Kemungkinan yang selanjutnya adalah bisa jadi karena agan-agan memakai memori card atau sdcard external yang KW atau tidak original. Nah kualitas memori card external yang KW tidak sebaik yang original tentunya.

Terkadang, ada beberapa memori card external KW yang dijual dengan size atau kapasitas besar, namun ketika dipasang hanya terbaca separuhnya (misal agan membeli memori card external KW berkapasitas 32GB, bisa jadi yang hanya terbaca hanya 8GB, dsb).

Jadi jikalau agan memang memakai memori card external KW, maka belilah memori card external yang original. Karena sekarang sudah cukup banyak memori card external bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Memori card terkena virus

Penyebab yang selanjutnya bisa jadi karena memori card external yang agan miliki terkena virus karena agan menyambungkan ponsel ke perangkat komputer atau laptop yang memiliki virus, hingga file-file pribadi pun diserang oleh virus-virus malware tersebut.

Tapi biasanya, data pribadi agan atau file-file tersebut hanya disembunyikan oleh virusnya, jadi file agan tetap ada hanya saja agan perlu mencari cara untuk memunculkan file-file agan tersebut.

Agan bisa cari tutorial di Google tentang bagaimana cara memunculkan file yang terhidden atau tersembunyi karena virus, kalau tidak salah cara nya juga bisa menggunakan antivirus dari Smadav untuk menscan file-file tersembunyi tersebut.

4. Human error

Dan yang terakhir ada kemungkinan bahwa memang agan-agan sendirilah yang menghapusnya, entah secara sengaja ataupun tidak disengaja.

Lalu dari kesemuanya, bagaimana cara mengatasinya?, berikut pembahasannya.

Cara Mengatasi Data Pribadi yang Hilang di Memori External Ponsel

Jika agan-agan memiliki aplikasi file manager yang memang memiliki fitur "tong sampah" yang dimana fitur ini berfungsi sebagai penyimpan data yang terhapus dan menahannya selama 30 hari. Nah agan-agan bisa mengecek terlebih dahulu tong sampah tersebut (jikalau fiturnya memang tersedia).

Jika agan-agan merasa data tersebut hilang karena virus, agan bisa cari tutorial di Google seputar cara mengembalikan file yang tersembunyi oleh virus. Dan kalau penyebabnya karena agan-agan memakai memori card external KW, belilah yang original untuk mengantisipasi terjadi hal semacam ini lagi.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Dasar Kenapa Data Pribadi Kita Bisa Hilang di Memori External Ponsel dan Cara Mengatasinya"