Widget HTML #1

6 Cara Mudah Mengatasi Memori yang Penuh di Ponsel Android

6 Cara Mudah Mengatasi Memori yang Penuh di Ponsel Android

6 Cara Mudah Mengatasi Memori yang Penuh di Ponsel Android - Kapasitas memori pada sebuah smartphone itu berbeda-beda. Ada yang memiliki ukuran 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, bahkan sekarang sudah ada kapasitas memori smartphone yang berukuran sebesar 1TB.

Memang kita dapat menggunakan memori eksternal untuk menyimpan berbagai data yang kita miliki di smartphone, akan tetapi beberapa smartphone tidak menyediakan slot memori eksternal. Atau kalaupun ada, ada beberapa smartphone yang tidak bisa memindahkan data aplikasi ke memori eksternal.

Karena semakin kesini, size atau ukuran dari sebuah aplikasi (apalagi game) itu memiliki ukuran yang bisa dibilang besar sekali. Ada 1 game yang mungkin bisa memakan kapasitas memori pada smartphone sebesar 8GB sampai 10GB saja.

Nah solusi simpelnya memang agan-agan harus membeli smartphone yang memiliki kapasitas memori yang lebih besar, jika memang ingin menjadikan smartphone sebagai sebuah device untuk memainkan game.

Tapi bagaimana kalau kita memang tidak memiliki cukup budget, atau memiliki permasalahan dimana sering kali memori pada smartphone cepat habis?, nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat bagaimana agan-agan mengatasi masalah memori yang penuh di smartphone android.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut pembahasannya.

Tutorial Mengatasi Memori yang Penuh di Ponsel Android dengan Mudah

1. Rutin Membersihkan Cache di Aplikasi

Yang pertama-tama agan bisa lakukan adalah rutin membersihkan cache pada aplikasi. Nah cache ini adalah sisa data-data dari aplikasi yang agan gunakan dan tidak terpakai lagi. Agan-agan bisa menghapus cache ini dengan masuk kedalam pengaturan - aplikasi - pilih aplikasi apapun yang sekiranya memiliki cache - hapus cache.

2. Jangan Menginstall Aplikasi yang Berat

Yang kedua adalah jangan menginstall aplikasi yang sekiranya berat (ketika di install di smartphone agan). Sebelum menginstall aplikasi, ada kalanya agan-agan mengetahui terlebih dahulu spesifikasi pada smartphone agan.

Mengapa?, karena tidak semua aplikasi bisa dijalankan dengan mulus di smartphone agan (terutama game), jadi install aplikasi yang sesuai saja dengan spesifikasi smartphone agan agar memori pada ponsel juga lebih terjaga.

3. Atur Lokasi Penyimpanan Data

Yang selanjutnya ialah agan-agan dapat mengatur dan menyesuaikan lokasi penyimpanan data. Contoh, agan-agan memakai aplikasi kamera, nah atur lokasi penyimpanan foto dan video dari kamera tersebut ke memori eksternal agan.

Karena biasanya, file terbesar itu dikarenakan oleh banyaknya file video (bahkan video-video yang tidak jelas karena salah pencet atau apapun itu juga cukup memakan memori).

4. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Selanjutnya ialah memindahkan data aplikasi ke memori eksternal. Nah sudah saya singgung juga diatas bahwa tidak semua smartphone support atau bisa memindahkan data aplikasi dari internal ke eksternal, tapi jikalau bisa maka silahkan agan-agan pindahkan data nya agar memori internal bisa lebih lega.

5. Hapus File-file yang Tidak Perlu

Yang selanjutnya ialah menghapus segala macam file yang sekiranya tidak perlu. Agan-agan bisa mengecek file-file tersebut seperti foto, video, dokumen, folder, dsb. Cari file-file yang memang tidak agan butuhkan.

6. Pindahkan ke Laptop/PC atau Penyimpanan Online

Dan yang terakhir ialah agan-agan dapat memindahkan data-data yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan ke laptop ataupun PC. Jika agan-agan tidak memiliki laptop atau PC, agan dapat menggunakan penyimpanan online seperti Google Drive, Mega, Onedrive, dsb. Jadi file-file tersebut bisa agan akses saat dibutuhkan kembali.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mudah Mengatasi Memori yang Penuh di Ponsel Android"