Widget HTML #1

4 Tips Untuk Memperpanjang Umur Smartphone

4 Tips Untuk Memperpanjang Umur Smartphone

4 Tips Untuk Memperpanjang Umur Smartphone -  Smartphone kini sudah menjadi sebuah barang yang sangat kita butuhkan. Tidak hanya lagi menjadi sebuah barang sekunder, tapi sudah menjadi barang primer alias barang utama yang ada baiknya setiap orang harus miliki.

Mengapa?, karena dengan smartphone kita bisa berhubungan dengan orang banyak yang bahkan jaraknya jauh sekali dari kita. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, tapi smartphone juga bisa membantu kita dalam menjalankan aktifitas kita dalam bekerja.

Misalnya saja, kita adalah seorang driver ojek online. Maka smartphone ini adalah sebuah barang atau hal yang penting karena pekerjaan kita akan masuk lewat aplikasi yang ada di smartphone tersebut. Dan juga dari smartphone tersebut kita bisa mengakses peta lewat aplikasi Google maps sebagai penunjuk arah kemana kita harus pergi.

Atau kita adalah seorang karyawan yang memang memegang smartphone untuk dijadikan sebagai alat yang membantu kita dalam bekerja, pada intinya smartphone di masa kini sudah sangat luas fungsinya, tidak lagi sebagai alat komunikasi saja.

Maka dari itu, ada baiknya kita merawat smartphone yang kita miliki agar dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lumayan panjang. Paling tidak, kita dapat menggunakan 1 buah smartphone dalam jangka waktu 2-3 tahun sebelum mengganti dengan yang baru.

Mengapa?, karena setiap brand smartphone memberikan kepada kita 2x update sistem, agar smartphone kita tetap memiliki sistem yang terbaru. Tapi jika sudah lewat dari 2 tahun pemakaian, maka device kita tidak lagi mendapatkan update.

Tapi tidak masalah, maka dari itu disini saya akan memberikan tips untuk memperpanjang umur smartphone yang agan miliki. Oke tanpa banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan nya.

4 Tips Memperpanjang Umur dari Smartphone Supaya Awet

1. Install aplikasi secukupnya

Yang pertama dan yang harus agan-agan lakukan adalah menginstall aplikasi secukupnya saja. Karena aplikasi ini membutuhkan RAM serta storage (penyimpanan) yang cukup besar. Jika agan-agan memakai smartphone dengan kapasitas rendah (misal RAM 2GB, Internal 16GB) justru itu akan memperlambat kinerja smartphone. Jadi install aplikasi seperlunya saja.

2. Tetap update software dan aplikasi

Yang selanjutnya yang bisa agan lakukan adalah tetap mengupdate atau memperbaharui software dan juga aplikasi. Karena dengan update, sistem memuat perbaikan atas bug dan error lainnya yang di versi sebelumnya. Dengan update, secara otomatis segala bug dan error dapat diperbaiki.

3. Bersihkan smartphone dari file-file sampah

Yang selanjutnya agan-agan perlu membersihkan smartphone dari file-file sampah. Maksud file sampah disini adalah file-file yang tidak berguna atau memang tidak penting. Contoh seperti foto mantan, foto yang kurang jelas, video yang blur, dsb.

Intinya agan-agan harus menghapus segala macam file yang memang agan tidak butuhkan. Hal ini bertujuan agar kinerja dari sistem smartphone yang kita miliki bisa lebih ringan.

4. Hindari overcharge

Dan yang terakhir yang bisa agan-agan lakukan adalah menghindari overcharge. Untuk agan-agan yang kurang mengerti maksudnya, overcharge ini adalah mengecas smartphone kita secara berlebihan. Hindari hal ini karena akan merusak daya tahan baterai smartphone.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "4 Tips Untuk Memperpanjang Umur Smartphone"