5 Tips Agar Barang yang Dibeli Secara Online bisa Cepat Sampai

Berikut adalah tips-tips untuk kamu yang baru pertama kali belanja online atau mungkin sudah sering, agar barang yang kita pesan cepat sampai
5 Tips Agar Barang yang Dibeli Secara Online bisa Cepat Sampai

Tips Agar Barang yang Dibeli Secara Online bisa Cepat Sampai - Di era teknologi yang sudah serba digital seperti sekarang ini, kita bisa melakukan hal apa saja yang ada kaitannya dengan teknologi bahkan dengan hal yang mungkin cukup simpel dilakukan, termasuk dengan berbelanja.

Mungkin dulu ketika kita ingin berbelanja, maka kita harus keluar rumah dan menuju toko yang kita ingin beli produknya. Dan hal ini tidak cukup efisien apalagi untuk kita yang bekerja atau memiliki sedikit waktu luang, bahkan untuk sekedar berbelanja.

Oleh karena itu, kita bisa memanfaat teknologi untuk membantu kita dalam membeli sesuatu. Dan terciptalah e-commerce. Secara pengertiannya, e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui media elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya.

Dengan adanya e-commerce, kita jadi terbantu karena kita dapat berbelanja barang apapun yang kita butuhkan dengan hanya menggunakan smartphone kita yang terhubung dengan jaringan internet. Bahkan tidak hanya barang, akan tetapi juga dengan makanan dan produk-produk dapur lainnya.

Contoh E-commerce yang Ada di Indonesia

di Indonesia sendiri, banyak sekali e-commerce yang dapat kita gunakan layanannya. Contoh, ada Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, dan masih ada beberapa e-commerce lainnya.

Untuk agan-agan yang bingung dalam memilih e-commerce dalam berbelanja, agan-agan bisa pilih e-commerce yang memang sudah terkenal di Indonesia, dan resmi. Sebisa mungkin jauhi e-commerce yang tidak familiar dan terkesan tidak resmi.

Masih Belum Yakin Belanja Online

Untuk agan-agan yang mungkin dalam hatinya masih ada keraguan, ada kebimbangan untuk berbelanja online, ada beberapa hal yang harus agan ketahui bahwa aman. Mengapa saya bilang seperti itu?, karena saya sudah cukup berpengalaman dalam berbelanja online, mungkin sudah hampir 5 tahun.

Dan dari beberapa permasalahan yang saya alami, semua dapat diatasi dan tidak ada kerugian sepeser pun. Uang yang agan miliki ketika hendak membayar barang yang di inginkan, tidak langsung diterima oleh si penjual. Akan tetapi uang yang sudah agan transfer akan ditahan oleh sistem e-commerce yang agan pilih.

Sehingga ketika barang datang dan tidak sesuai, agan-agan bisa merequest untuk pengembalian barang dan uang agan akan kembali jika agan memang memilih jalur refund. Dan menurut saya semua proses tidak ada yang sulit dan ribet.

Tips Agar Barang yang Dibeli secara Online Cepat Sampai

Nah untuk agan-agan yang memang masih awam dan baru pertama kali belanja online, ada baiknya melihat dulu beberapa tips berikut ini supaya agan-agan dapat menerima barang yang sudah agan beli dengan cepat.

Silahkan disimak artikel berikut.

1. Tambahkan alamat yang jelas

Ketika kita hendak berbelanja online, pada saat mendaftarkan akun kita pasti ada profil yang mengharuskan kita mengisi alamat lengkap kita sebagai tujuan dari barang yang kita beli. Nah silahkan agan mengisi alamat yang jelas.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengisi alamat adalah :
  • Nama jalan (bahkan gang)
  • Nomor Rumah
  • Nomor RT/RW
  • Kelurahan
  • Kecamatan
  • Kabupaten
  • Provinsi
  • Nomor kode pos
Jadi contohnya seperti ini : Jl. Kenari Gg. Hijau No.13 RT.01/01 Kel. Malang Kec. Bogor, Sumatera Utara, 12340. Tulislah alamat rumah agan selengkap mungkin agar kurir tidak kebingungan dalam mencari alamat rumah agan.

2. Tambahkan nomor telepon

Yang kedua adalah, agan perlu menambahkan nomor telepon. Ini bertujuan supaya saat kurir kebingungan menemukan alamat rumah, agan bisa ditelpon (intinya kurir dapat berkomunikasi dengan agan ketika hendak mengantarkan paket kerumah agan).

3. Tambahkan titik pada maps

Yang selanjutnya adalah agan perlu menambahkan titik pada maps sesuai dengan lokasi dimana agan berada. For you info, didalam aplikasi seorang kurir, akan ada pilihan menu dimana kurir tersebut dapat melihat titik lokasi yang bisa ia akses menggunakan Google Maps.

Dan sebenarnya hal ini cukup mempermudah kurir dalam mengantarkan paket, karena ia tidak perlu mencari alamat, hanya perlu mengikuti titik lokasi pada maps saja. Dan hal ini yang sering sekali dilupakan oleh setiap orang yang memakai berbelanja secara online.

4. Tambahkan plang nama gang atau jalan

Sebenarnya hal ini cukup opsional, karena beberapa orang memiliki rumah atau tempat tinggal disebuah gang yang tidak diberi nama. Jika agan-agan sudah mulai sering memakai jasa kurir apapun dalam berbelanja online, agan dapat membantu kurir menemukan alamat agan.

Jadi Tidak ada salahnya memberi nama gang rumah agan agar kurir bisa dengan mudah menemukan lokasi rumah agan.

5. Pilih Jasa Ekspedisi Terbaik

Dan yang terakhir adalah agan bisa memilih jasa ekspedisi terbaik di tempat agan. Intinya jangan tertipu dengan harga murah, jika lebih mahal dengan selisih harga Rp.1000 atau Rp.3000 menurut saya tidak ada salahnya agan memakai jasa ekspedisi yang lebih mahal.

Tapi hal ini juga termasuk opsional dan tidak wajib, jika agan-agan sudah paham tentang kinerja jasa ekspedisi di lokasi agan, agan bisa memilih sesuai dengan keinginan agan saja.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar