Widget HTML #1

Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi

Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi

Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi - Sebagai seorang pelajar atau bahkan seorang karyawan yang memang sering menggunakan PC/Laptop untuk membuat sebuah dokumen, pastinya sudah sangat tidak asing sekali dengan file dokumen berformat PDF.

Portable Document Format atau biasa kita sebut PDF memang sering dipakai oleh orang-orang yang ingin membuat dokumen secara digital. Tidak hanya PDF, kita mungkin juga mengenal format-format dokumen yang lain seperti DOC, TXT, ODT, PPT, HTML, XML, dan masih banyak lagi.

Tetapi untuk setiap format dokumen, pastilah memiliki kelebihan yang berbeda, lalu apa kelebihan dari si PDF ini dibanding jenis dokumen lainnya?.

Kelebihan Format Dokumen PDF Dibanding yang Lainnya

Kelebihan dari jenis atau format dokumen PDF dibanding yang lainnya ialah dokumen PDF sifatnya lebih fleksibel. Mengapa fleksibel?, karena dokumen PDF ini dapat dibuka di berbagai device dan platform tanpa mengubah isinya.

File format PDF ini juga dapat diberikan kunci keamanan (password) sehingga tidak bisa diedit sembarangan oleh orang-orang yang mungkin berniat jahat terhadap dokumen tersebut.

Nah, untuk agan-agan yang tidak memiliki software atau aplikasi pembaca file PDF ini, agan-agan tetap bisa kok membukanya, bagaimana caranya? langsung saja ikuti tutorial berikut ini.

Cara Membuka dan Mengubah Dokumen atau File berjenis PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi

1. Buka website penyedia layanan baca file PDF secara online di Google

Yang pertama-tama, agan hanya perlu membuka website-website yang menyediakan layanan membaca file PDF secara online di Google. Sebagai contoh, agan-agan dapat menggunakan website www.sodapdf.com sebagai cara untuk membuka file atau dokumen berformat PDF.

2. Upload file

Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi

Setelah masuk kedalam website nya, agan-agan hanya perlu mengklik pada bagian Pilih File. Dan silahkan agan cari file PDF mana yang hendak agan baca maupun agan edit kembali.

3. Edit dokumen

Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi

Setelah file dokumen PDF nya telah terbaca, agan-agan bisa mengubah maupun hanya membaca dokumen tersebut. Agan-agan bisa menggunakan tools-tools yang telah tersedia. Jika sudah, agan klik unduh file.

4. Download dan selesai

Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi

Setelah selesai mengedit maupun membaca, agan klik unduh file dan nanti secara otomatis file akan terdownload. Bagaimana, cukup mudah bukan?.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka dan Mengubah File PDF di Ponsel atau Laptop tanpa Aplikasi"