Widget HTML #1

Apakah Melakukan Root Pada Ponsel Android Masih Penting di Tahun 2021?

Apakah Melakukan Root Pada Ponsel Android Masih Penting di Tahun 2021?

Apakah Melakukan Root Pada Ponsel Android Masih Penting di Tahun 2021? - Ketika smartphone android baru hadir di dunia terutama di Indonesia, banyak sekali hal-hal unik yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan orang.

Hal tersebut ialah Rooting atau sebuah proses untuk mengizinkan pengguna smartphone, tablet, atau device apapun yang berjalan pada sistem android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem android.

Atau jika kita artikan dalam lebih mudahnya, adalah kita mengoprek sistem android supaya kita dapat menggati, menambah, merubah sistem yang sudah ada, atau dalam kata lain mengkostumisasi sistem android tersebut.

Nah hal ini dulu cukup ramai dilakukan, mengingat kemampuan smartphone android zaman dulu kurang begitu memadai, dan kita sebagai user nya lah yang mengupayakan supaya smartphone android kita bisa bekerja lebih baik atau tampilan nya bisa lebih keren dari sebelumnya.

Tetapi dengan keadaan yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini, smartphone juga sudah sangat-sangat bagus dari segi sistem maupun tampilannya. Dan saya pribadi melihat aktifitas rooting ini sudah sangat jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan user atau pengguna smartphone android.

Lantas, apakah kita masih membutuhkan root pada smartphone android kita?, hmm mari kita bahas di artikel ini. Berikut pembahasannya.

Apakah Proses Rooting di Smartphone Android Masih Penting di Tahun 2021?

Pertama-tama mungkin kita harus tau terlebih dahulu kenapa kita ingin melakukan proses rooting pada smartphone kita. Jikalau memang tujuannya tidak terlalu penting dan bahkan bisa dibilang hal yang sepele, saya rasa proses rooting tidak terlalu dibutuhkan.

Kita harus mengerti juga tentang berbagai macam resiko yang terjadi ketika kita melakukan proses rooting, misalnya saja untuk smartphone-smartphone yang baru dibeli dan masih memiliki waktu garansi, maka jika kita melakukan proses rooting, secara otomatis garansi tersebut hangus.

Dan juga, jika kita tidak terlalu memahami tentang proses rooting, pemasangan CWM/TWRP/Recovery pada sebuah smartphone, bisa saja kita mengalami bootloop. Bootloop ialah sebuah kondisi dimana smartphone kita stuck di logo pada saat menyalakan smartphone nya (tidak dapat masuk kedalam homescreen).

Atau bahkan paling parah ialah bisa saja kita mengalami hardbrick, yang menjadikan smartphone kita mati secara total dan tidak bisa digunakan kembali. Nah ada baiknya memang kita harus mengetahui berbagai resiko yang terjadi dan mungkin hal tersebut tidak kita inginkan.

Memang, jikalau kita berhasil merooting smartphone kita, kita memiliki kendali penuh terhadap sistem yang berjalan pada smartphone kita. Kita bisa saja menjadikan smartphone kita memiliki fitur yang sebelumnya tidak disediakan oleh sistem di smartphone tersebut.

Jikalau agan-agan memang memiliki tujuan semisal menginstall Google Camera (yang memang mengharuskan agan-agan mengUBL sistem agan) maka menurut saya tidak masalah agan melakukan proses rooting.

Dan memang perlu digaris bawahi bahwa agan-agan harus benar-benar memahami proses rooting serta segala macam resiko yang bisa saja terjadi kepada smartphone agan. Dan agan lah yang bertanggung jawab atas semua kegagalan dan kerusakan di smartphone agan.

Penutup

Jadi kesimpulannya adalah, jika agan-agan memang memiliki tujuan dan memang hal itu cukup penting maka tidak ada masalah. Asal agan-agan sudah memahami segala macam resiko yang bisa saja terjadi. Biasakan mencari berbagai macam refrensi tutorial sebelum melakukan proses tersebut.

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!. 

Posting Komentar untuk "Apakah Melakukan Root Pada Ponsel Android Masih Penting di Tahun 2021?"