Widget HTML #1

7 Tips Agar Terhindar dari Berbagai Macam Modus Penipuan di Internet

7 Tips Agar Terhindar dari Berbagai Macam Modus Penipuan di Internet

7 Tips Agar Terhindar dari Berbagai Macam Modus Penipuan di Internet - Ketika kita menggunakan internet, maka kita akan terhubung ke seluruh dunia. Dengan internet kita dapat mengakses apapun dari komputer atau smartphone yang kita miliki tanpa harus berpergian kemana-mana.

Dan hal ini juga yang membuat kita menjadi rentan akan penipuan-penipuan yang mungkin saja sewaktu-waktu akan menyerang kita tanpa kita sadari. Nah untuk itu kita harus lebih menjaga diri kita, terutama data-data pribadi kita agar kita tidak ditipu dan diambil data nya oleh orang yang tidak kita kenal.

Mungkin sebagian dari agan-agan ada yang mungkin merasa "ahh sepertinya tidak mungkin kita ditipu, kita kan tidak pernah melakukan hal-hal yang berbahaya di internet". Tapi jangan salah, berbagai macam penipu bisa saja membuat sebuah cara agar agan-agan semua bisa tertipu.

Dalam artikel ini, saya akan membantu agan-agan semua supaya terhindar dari penipuan-penipuan tersebut. Apa saja tips nya, berikut pembahasan nya.

7 Tips Menghindari Modus Penipuan di Internet

1. Hindari membuka link yang mencurigakan

Yang pertama-tama agan harus hindari adalah jangan membuka link-link yang sekiranya mencurigakan. Biasanya link-link tersebut berisi konten-konten yang "cukup menarik" bagi kita, akan tetapi sebenarnya itu adalah akal-akalan dari si penipu untuk mengambil data-data pribadi agan.

Maka jika menemukan link-link yang sekiranya mencurigakan, atau memang kita tidak mengetahui betul link itu isinya apa, maka tinggalkan saja.

2. Jangan memberikan data apapun pada sebuah formulir online

Yang kedua adalah agan-agan harus menghindari dalam memberikan data-data pribadi apapun pada sebuah formulir online. Biasanya formulir online ini berisi nama, alamat, nomor telpon, nomor identitas KTP, email, nomor rekening, dsb.

Jikalau sudah seperti ini, data tersebut akan mereka simpan dan sewaktu-waktu bisa dijual ke orang lain. Dan itu berbahaya sekali, bisa saja identitas agan-agan digunakan untuk keperluan pribadi sang penipu tersebut.

3. Hindari mendownload aplikasi yang tidak jelas

Yang selanjutnya adalah agan-agan harus menghindari dari mendowload aplikasi-aplikasi yang tidak jelas. Jika agan-agan memang memerlukan aplikasi, silahkan cari di Playstore (untuk pengguna android) atau Appstore (untuk pengguna iOS).

Karena bisa saja aplikasi-aplikasi yang agan download itu disisipkan virus yang mungkin dapat merusak perangkat agan-agan nantinya, mungkin tidak langsung rusak tetapi secara perlahan akan merusak sistemnya.

4. Jangan tertipu untuk membeli barang dengan harga murah 

Yang selanjutnya agan jangan sampai tergoda hingga tertipu membeli barang-barang murah. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, bisa jadi agan dikirimkan barang KW atau bahkan tidak dikirimkan barangnya sama sekali, tapi uang agan akan diambil oleh pelaku.

Jika agan ingin membeli barang secara online, belilah di e-commerce yang memang sudah terpercaya seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoppe, Lazada, dll. Kalau agan-agan memang ingin membeli barang di sosmed misalnya, carilah seller yang memang sudah terpercaya dan agan yakin dengan seller tersebut.

5. Jangan memberikan kode OTP apapun ke orang yang tidak dikenal

Selanjutnya adalah agan-agan jangan sekali-kali mengirimkan kode OTP yang masuk ke ponsel agan jika memang agan merasa tidak pernah merequest kode OTP apapun. Karena bisa jadi itu adalah penipu yang hendak mengambil alih nomor agan-agan.

6. Hindari sebuah website yang mengatasnamakan sebuah brand ataupun lembaga pemerintahan

Selanjutnya adalah agan-agan harus menghindari website apapun yang mengatasnamakan sebuah brand ataupun lembaga. Maksudnya disini adalah, banyak sekali website-website yang memiripkan nama domainnya dengan sebuah brand ataupun lembaga.

Contoh misal domain asli e-commerce Lazada adalah Lazada.co.id tetapi agan menemukan domain atau website yang bernama Lazada.blogspot.com, nah maka sudah jelas itu adalah penipuan. Jadi peran agan disini adalah agan harus tau juga nama domain atau website nya.

Jika agan memang tidak tau sedari awal, ada baiknya cek terlebih dahulu, karena penipuan semacam ini sudah sangat sering terjadi di sekitar kita.

7. Jangan berikan data pribadi apapun kepada orang yang tidak dikenal lewat chat atau telpon

Dan yang terakhir adalah agan-agan jangan mudah untuk memberikan data-data pribadi ke orang yang tidak dikenal lewat chat meski hanya nomor telpon saja. Karena nomor telpon pun bisa dijadikan sebagai kontak darurat dari si penipu misal ia melakukan pinjaman uang online.

Penutup

Pada intinya adalah agan-agan harus lebih menjaga dan juga lebih perduli atas keamanan diri sendiri saat sedang mengakses internet. Tinggalkan hal-hal yang sekiranya bisa berdampak negatif terhadap kita, karena diluar sana banyak orang-orang jahat yang bisa saja mengincar data pribadi kita.

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Terhindar dari Berbagai Macam Modus Penipuan di Internet"