Widget HTML #1

Hindari Modus Penipuan dengan Membeli Barang Cuci Gudang di Internet

Hindari Modus Penipuan dengan Membeli Barang Cuci Gudang di Internet

Hindari Modus Penipuan dengan Membeli Barang Cuci Gudang di Internet - Bagi kita yang sering sekali memainkan sosial media, pasti ada saja beberapa orang atau oknum yang menjual barang namun dengan modus cuci gudang.

Untuk agan yang belum tau apa itu cuci gudang, cuci gudang adalah istilah penjualan yang dimana barang tersebut dikeluarkan dari gudang untuk dijual dengan berbagai macam strategi perdagangan. Barang yang dijual harganya tidak selalu murah, tapi ada juga beberapa yang mahal.

Nah barang-barang tersebut biasanya adalah barang yang mungkin saja tidak laku, ada mungkin barang tersebut ada kelebihan saat produksi. Hingga terjadilah yang namanya cuci gudang, dimaksudkan agar barang dapat terjual sehingga penjual paling tidak bisa mendapatkan sedikit keuntungan.

Akan tetapi, banyak sekali orang-orang atau oknum yang berusaha menipu lewat cara penjualan cuci gudang ini. Kita bahas saja seputar smartphone-smartphone murah yang harga aslinya mungkin masih di sekitar 1 jutaan, namun dijual dengan harga dibawah jauh dari harga aslinya.

Bagaimana cara mengecek dan menghindari hal ini?, berikut informasi selengkapnya

Cara Mengecek dan Menghindari Modus Penipuan Cuci Gudang di Internet

1. Lihat harga dari setiap barang yang dijual

Yang pertama dan paling mudah adalah agan-agan jangan sampai tertipu dengan barang-barang yang dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan terbilang tidak masuk akal. Misal, ada yang menjual Samsung Galaxy S10, harga aslinya adalah 9 Juta tapi dijual dengan harga 500Rb dengan alasan bahwa sedang mengadakan cuci gudang, nah itu sudah bisa dipastikan palsu dan terindikasi penipuan.

Hal ini tidak terjadi lewat sosial media saja, terkadang ada yang berusaha menipu lewat E-Commerce (yang biasa kita temui). Jadi lagi-lagi harus ditegaskan bahwa agan jangan sampai tertipu dengan barang-barang mahal yang dijual sangat murah.

2. Transaksi yang Tidak Jelas dan Tidak Aman

Yang kedua adalah transaksi yang tidak jelas dan bahkan juga tidak aman. Jangan sekali-kali agan mentransfer uang ke rekening siapapun jikalau tidak ada pihak ketiga yang menengahi. Misal, jika agan membeli barang di Shopee, Tokopedia, dsb pastinya uang agan akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak E-Commerce sebelum ditransfer ke penjual.

Jadi agan-agan bisa lebih aman karena agan bisa mendapatkan barangnya terlebih dahulu dan jelas ada wujudnya, baru agan bisa mentransfer secara full kepada penjual. Jikalau tidak ada yang menengahi, maka hindari.

Penutup

Jadi sekali lagi perlu diingat, bahwa agan-agan jangan sampai tertipu dengan modus-modus penipuan semacam ini. Dan hal ini sudah terlalu sering kita jumpai di sosial media, dan pastinya agan sudah tidak asing.

Kalaupun agan ingin membeli barang, pastikan agan jamin terlebih dahulu bahwa penjual tidak ada indikasi menipu. Dan juga penjual memiliki identitas asli (paling tidak seperti nama, nomor telpon, alamat) agar sewaktu-waktu ada indikasi penipuan, agan dengan mudah melaporkannya kepada polisi.

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Hindari Modus Penipuan dengan Membeli Barang Cuci Gudang di Internet"