Widget HTML #1

Seberapa Amankah Password Kita?, Berikut Cara Mudah Mengetahuinya

Seberapa Amankah Password Kita?, Berikut Cara Mudah Mengetahuinya

Seberapa Amankah Password Kita?, Berikut Cara Mudah Mengetahuinya - Setiap sesuatu hal yang ada kaitannya dengan sebuah kerahasiaan, pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya Password atau Kata Sandi.

Menurut pengertiannya, password atau kata sandi adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh sistem atau jaringan tersebut.

Nah jadi password atau kata sandi ini adalah yang memverifikasi bahwa akun tersebut memanglah milik kita. Dan password tersebut lah yang menjadi pelindung dari setiap data-data pribadi yang kita miliki pada akun tersebut.

Mungkin agan-agan bisa dibayangkan jika password pada sebuah akun itu tidak ada, mungkin orang lain yang kita tidak kenalpun dapat mengakses akun pribadi kita. Dan maka dari itu password ini sangatlah penting untuk kita.

Cara membuat Password Lebih Aman dari Serangan Hack

Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui untuk membuat password kita menjadi lebih aman, yaitu :

1. Pastikan password dari seluruh akun dibuat berbeda

Yang pertama adalah pastikan kamu membuat password atau kata sandi yang berbeda di setiap akun yang kamu miliki. Misal, kamu mempunyai akun Gmail 10, maka pastikan dari ke 10 akun tersebut memiliki perbedaan pada passwordnya.

Mengapa?, hal ini untuk mengantisipasi hacker menghack atau mengambil alih akun kita yang mungkin terhubung dengan akun kita yang lainnya. Atau kalau memang agan-agan tidak ingin repot atau khawatir takut lupa, agan bisa membedakan masing-masing password dengan 3 atau 6 tambahan.

Contoh : password akun utama adalah Kucingbelang3, maka akun yang selanjutnya dibedakan menjadi Kucingbelang3kucing, atau apapun terserah agan, intinya jangan sampai terlalu sulit dan juga terlalu mudah.

2. Tidak hanya huruf, tambahkan juga angka dan simbol pada password

Yang kedua ketika agan-agan membuat sebuah password, pastikan menambahkan angka dan juga simbol. Contoh Dompet@bolong1, tujuan nya adalah mempersulit hacker dalam mencoba menemukan password yang kita miliki ketika hendak meretas akun kita.

3. Buat password sepanjang mungkin

Yang selanjutnya adalah agan-agan buatlah password sepanjang mungkin. Minimal agan buat 8-16 karakter lah paling tidak dalam pembuatan password. Karena semakin panjang dan sulit password yang kita miliki, akan semakin membuat kesusahan para hacker menjebol akun yang kita miliki.

4. Buat password yang tidak mengambil dari data diri pribadi

Yang selanjutnya adalah agan jangan membuat password dengan mengambil contoh dari data diri pribadi. Maksudnya?, misal password agan mengandung tanggal lahir, nah itu harus dihindari. Atau lagi-lagi agan harus mengkostumisasi password agan, agar rumit ditebak oleh siapapun.

Nah berikut ini ada sebuah website yang mungkin bisa jadi refrensi agan dalam membuat sebuah password. Karena website ini memberikan keterangan berapa lama password kita dapat di hack oleh seorang hacker.

Oke tanpa berlama-lama lagi, berikut tutorial singkat mengetahui keamanan suatu password.

Cara Mudah Mengetahui Keamanan Sebuah Password

1. Buka website "How Secure is My Password"

Seberapa Amankah Password Kita?, Berikut Cara Mudah Mengetahuinya

Yang pertama-tama, silahkan agan buka dulu website How Secure is My Password dan nanti agan-agan akan menemukan halaman awal dari website tersebut.

2. Ketikan password pada kolom kata kunci

Seberapa Amankah Password Kita?, Berikut Cara Mudah Mengetahuinya

Nah setelah itu agan ketikan password agan pada kolom yang tersedia. Nanti akan muncul durasi password agan ketika sewaktu-waktu diretas oleh hacker. Semakin panjang dan rumit password yang agan miliki maka agan semakin lama password agan dihack oleh para hacker tersebut.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Seberapa Amankah Password Kita?, Berikut Cara Mudah Mengetahuinya"