Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Baterai Ponsel yang Drop

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Baterai Ponsel yang Drop

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Baterai Ponsel yang Drop - Pasti agan-agan disini setidaknya pernah sekali atau dua kali mengalami dimana ponsel yang agan miliki baterainya drop atau rusak. Hal ini tidak terjadi kepada agan saja kok, bahkan saya sendiri pernah mengalaminya.

Baterai adalah komponen penting dalam sebuah smartphone. Karena dengan baterai lah smartphone kita bisa menyala dan bisa kita gunakan. Dan saat kita mengalami baterai yang drop, pastinya kita akan cukup merasa "terbebani", apalagi smartphone yang kita pakai adalah alat kita dalam membantu proses bekerja kita.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar baterai ponsel yang drop ini. Untuk itu kita mulai dari penyebab nya terlebih dahulu.

Penyebab Baterai Ponsel yang Drop

1. Sering Dicas Secara Berlebihan

Yang pertama ini ialah karena agan sering sekali mencharge smartphone nya dengan berlebihan. Contoh, baterai baru 90% tapi agan sudah charge kembali, dan hal ini terjadi sering sekali (dalam artian, agan sering mencolok dan cabut smartphone dari kabel charge).

Memang tidak bisa disalahkan, karena kebanyakan smartphone dizaman sekarang sudah cukup canggih dan memiliki fitur autocut-off. Autocut-off adalah sebuah fitur dimana bertujuan sebagai pembatas aliran listrik yang masuk kedalam baterai smartphone.

Fitur autocut-off ini juga bertujuan untuk menjaga baterai dari hal buruk yang mungkin terjadi. Tapi saya sarankan untuk agan-agan semua, untuk menghindari proses charge smartphone yang berlebihan dan tidak beraturan demi kebaikan smartphone yang agan miliki.

2. Memakai Charger yang Melebihi Kapasitas Default Smartphone atau Charger Abal-abal

Yang kedua ialah kemungkinan karena agan memakai charger yang memang kapasitas listrik nya melebihi charger default atau bawaan dari smartphone agan. Bisa saja karena daya listrik yang masuk kedalam smartphone agan cukup kuat dan melebihi dari bawaan daya smartphone agan hingga membuat baterai tersebut mengalami kerusakan.

Atau karena agan memakai charger yang abal-abal. Hal ini juga dapat membuat kerusakan pada smartphone agan. Maka sangat disarankan agan membeli charger yang asli/original dan berkualitas juga. Diatas harga Rp. 50.000 setau saya sudah banyak charger bagus yang bisa agan beli lewat onlineshop kesayangan agan.

3. Faktor Usia Smartphone

Dan yang ketiga bisa jadi karena faktor usia dari smartphone itu sendiri. Seperti halnya manusia, smartphone juga bisa menurun performa nya ketika sudah cukup lama dan kurang mampu memproses aplikasi-aplikasi terbaru sekarang dan juga soal baterai.

Lama-lama performa bateraipun pasti akan turun, untuk itu hal ini saya rasa wajar terjadi untuk agan-agan yang memiliki smartphone dengan usia yang sudah lumayan lama.

Nah diatas adalah beberapa penyebab dari baterai bisa drop, dan berikut ini beberapa cara yang bisa agan gunakan ketika baterai smartphone agan sudah drop.

Cara Ampuh Mengatasi Baterai Ponsel yang Drop

1. Mengkalibrasikan Baterai Smartphone

Cara pertama yang bisa agan gunakan adalah dengan mengkalibrasikan baterai smartphone agan. Berikut cara nya :
  • Agan bisa charge smartphone agan dalam keadaan menyala dan charge sampai baterainya full 100%
  • Lalu Ketika sudah, agan bisa matikan smartphone agan dan charge kembali smartphone agan paling tidak 1 jam
  • Ketika sudah, agan cabut kabel charger tersebut dari smartphone dan biarkan selama 1 jam
  • Setelah itu nyalakan kembali Dan lihat apakah nanti hari-hari berikutnya ada perubahan atau tidak.
2. Ganti Baterai dengan yang Baru

Jika memang cara diatas tidak ada perubahan, berarti agan memang harus mengganti baterai smartphone agan ke yang baru. Tapi perlu diingat, usahakan membeli baterai smartphone yang original ya. Agar masa pakai baterai baru tersebut bisa lebih awet dan lama.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Baterai Ponsel yang Drop"