Widget HTML #1

Cara Mudah Merawat Smartphone Agar Bisa Awet Dalam Jangka Waktu Yang Panjang

Sebagai orang yang awam dalam dunia smartphone khususnya dengan pemakaian, mungkin kita akan memakai smartphone tersebut dengan terserah kita. Ya memang, tidak ada panduan khusus dalam memakai sebuah smartphone karna ketika kita sudah membeli sebuah smartphone berarti itu sudah menjadi tanggung jawab kita pribadi.




Tapi, pernah tidak kita berfikir bagaimana sih caranya agar kita bisa menjaga ataupun merawat smartphone kita agar tidak cepat rusak?. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat ataupun informasi mengenai bagaimana caranya kita merawat smartphone kita agar tetap awet dalam jangka waktu yang panjang.

Oke langsung saja daripada banyak basa-basi, ini dia tutorial nya.

1. Hindari Smartphone dari Terbanting

Yang pertama adalah, hindari smartphone dari terbanting. Agan bisa menghindari hal ini dengan tidak menaruh smartphone agan di posisi yang tinggi seperti meja, lemari, dsb. Karna jikalau terjatuh pada bagian belakang, mungkin akan mengakibatkan bodi smartphone pecah (jika memang terbuat dari kaca) ataupun retak (jika bodi smartphone tidak terbuat dari kaca). Mungkin masih lebih baik jika bodi nya hanya retak, bagaimana kalau efeknya sampai ke mesin dari smartphone nya?, bisa saja smartphone akan mati total atau akan muncul efek-efek error setelahnya. Jadi agar awet, hindari menaruh smartphone di tempat yang tinggi atau hindari smartphone terbanting.

2. Gunakan Case

Untuk melindungi bodi smartphone, biasakan agan memakai case (entah sofcase ataupun hardcase). Untuk case ini kembali ke selera agan masing-masing, apakah agan suka dengan case yang keras ataupun yang lunak (yang hanya sekedar untuk melindungi bodi smartphone dari goresan-goresan). Tapi saran saya, apalagi untuk smartphone mahal maka gunakan case yang memang di desain aman untuk bodi smartphone jikalau terjatuh dari tempat yang cukup tinggi.

3. Gunakan Tempered Glass

Apakah tempered glass wajib?, menurut saya wajib. Kenapa?, karena layar lah yang memang sering kita gunakan maupun sentuh. Saya lebih merekomendasikan tempered glass dibanding anti gores biasa karna tempered glass itu kaca, jadi jikalau harus terjatuh mungkin 85% nya yang pecah adalah tempered glass, jadi kaca layar smartphone nya tetap aman. Jika memakai anti gores saja, maka jika smartphone terjatuh dibagian layar maka kemungkinan pecah nya bisa sampai 98%. Jadi untuk agan-agan yang smartphone nya belum memakai tempered glass saya sarankan pakai (jika memang ingin perlindungan lebih untuk smartphone nya).

4. Hindari dari suhu yang panas

Beberapa smartphone akan mengalami error atau kerusakan jika berada di suhu yang cukup panas. Beberapa komponen seperti layar dan bahkan kamera bisa rusak karenanya. Jadi agan harus hindari menaruh smartphone di tempat yang memiliki suhu cukup panas, dan jika smartphone panas maka saran saya matikan terlebih dahulu sampai suhu smartphone kembali dingin atau seperti sediakala.

5. Charger Secara Teratur dan Tidak Berlebihan

Hindari mencharger smartphone agan secara berlebihan misalnya batre smartphone agan masih 90%, lalu agan charger kembali dan baru 95% agan lansung cabut, itu akan membuat batre maupun komponen charge nya rusak dan error. Jadi charger lah smartphone jika sudah habis atau kita memang sedang tidak membutuhkan nya (tidur, dsb). Dan jika smartphone batrenya sudah 100% atau bahkan 99% lebih baik langsung dicabut (jika smartphone agan tidak memiliki fitur auto cut pada charger nya).

6. Lindungi dari Air atau Tempat yang Basah

Jika smartphone agan tidak memiliki sertifikasi IP67-IP68 yang memang tahan air dan debu, saya sarankan jauhkan smartphone agan dari air dan tempat-tempat yang memang basah. Karna jika smartphone sudah terkena air, biasanya akan error atau bahkan rusak parah.

7. Biasakan Bersihkan Smartphone Minimal 1 Minggu 1x

Biasakan bersihkan smartphone agan minimal 1 minggu 1x dengan lap khusus kacamata (untuk bagian kaca) atau bisa menggunakan tissue yang tidak kasar. Selain agar tidak kotor, membersihkan smartphone juga agar bodi nya terhindar dari jamur maupun kotoran lainnya. Saya pribadi memakai Xiaomi Mi 8 Lite dengan bahan bodi belakang kaca, dan membersihkan nya saya memakai tissue basah lalu ditambah tissue kering. Saya tidak merekomendasikan caranya, tapi menurut saya cukup worth it dan membuat smartphone saya jadi bersih.


Nah itu dia beberapa cara dalam menjaga smartphone agan agar tetap awet dalam jangka waktu yang panjang. Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Jangan lupa untuk berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Merawat Smartphone Agar Bisa Awet Dalam Jangka Waktu Yang Panjang"