Widget HTML #1

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Lupa PIN, Pola, Atau Kata Sandi

Sebagian dari kita mungkin adalah tipikal orang yang pelupa, tidak terkecuali dengan kata sandi pada smartphone kita. Kita mungkin ingin membuat smartphone kita menjadi lebih aman, maka dari itu kita gunakanlah kata sandi seperti pola, PIN, ataupun kata sandi lainnya. Tapi bagaimana jika kita lupa dengan kata sandinya, dan smartphone kita jadi tidak bisa terbuka?




Nah pada kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang paling mudah untuk agan-agan semua lakukan jika agan-agan lupa dengan kata sandi smartphone agan. Tetapi sebelum itu ada beberapa hal yang harus saya sampaikan misalnya :

  • Mungkin cara ini akan berhasil untuk smartphone android yang masih memakai OS Marshmallow (6.0) kebawah. Karna yang saya lihat, makin kesini smartphone android semakin baik, terutama untuk sistem recovery nya. Tapi jika smartphone agan berada diatas OS Marshmallow (6.0) dan ada recovery mode nya, saya rasa akan berhasil.
  • Memakai cara ini juga akan menghapus data agan yang ada di memori internal, untuk eksternal sudah pasti aman.
  • Ada beberapa hal yang mungkin bisa terjadi misalnya bootloop. Tetapi yang saya perhatikan kalau agan mengalami bootloop, biasanya karna smartphone agan biasanya sudah dalam keadaan custom. Jadi solusi fix nya mau tidak mau harus install ulang ROM nya
  • Paling tidak usahakan smartphone agan tersebut ada mode recovery bawaan, kalau Xiaomi biasanya tidak ada recovert bawaan, adanya mode "fastboot"

Oke jika agan sudah paham, langsung saja ini dia tutorial nya.

1. Matikan Smartphone


Matikan dulu smartphone agan sebelum di eksekusi. Jika terdapat kasus ngelag atau macet saat mencoba mematikan smartphone nya, agan cukup tekan tombol power yang lama hingga smartphone nya mati.

2. Nyalakan Smartphone dan Masuk Mode Recovery


Setelah smartphone dalam keadaan mati, agan nyalakan lagi smartphone nya namun dengan menekan tombol volume min (-). Jadi tekan tombol power dan juga tombol volume min (-) secara bersamaan hingga logo smartphone nya muncul lalu lepas. Tunggu hingga smartphone masuk kedalam mode recovery seperti contoh diatas (namun recoverynya terkadang berbeda-beda tergantung dari default smartphone tersebut).

3. Pilih Wipe Data/Factory Reset


Setelah itu agan cukup memilih menu "Wipe data/Factory Reset) lalu pilih yes dan tunggu hingga proses nya selesai. btw, untuk memilih menu nya agan tekan tombol power dan untuk bergerak keatas dan kebawah nya dengan tombol volume. Setelah itu agan cukup tunggu sampai proses nya selesai. Lalu jika sudah agan pilih reboot.

Nah nanti memang prosesnya agak lama untuk masuk kedalam homescreen tapi tidak masalah, agan hanya cukup bersabar dan menunggu hingga smartphone agan melakukan prosesnya dengan sempurna.

Oke cukup mudah bukan?, sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran agar saya bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!!.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Lupa PIN, Pola, Atau Kata Sandi"