Widget HTML #1

Cara Mentranslate Sebuah Dokumen Secara Mudah Dan Otomatis Lewat Sebuah Website

Untuk beberapa orang terutama para mahasiswa dan mahasiswi yang sedang berkuliah, pasti pernah diberikan sebuah tugas namun tugas tersebut masih dalam bahasa inggris (atau bahasa apapun) dan kita sendiri yang harus mentranslate nya ke bahasa Indonesia. Mungkin saat pertama kali kita berpikir "Bagaimana ya cara mentranslate nya", kita akan menggunakan Google Translate.




Namun untuk kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial singkat, bagaimana caranya agar kita bisa mentraslate langsung sebuah file dokumen yang tadinya dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia secara mudah dan juga otomatis hanya menggunakan sebuah website. Website apakah itu?, mari kita bahas bersama.

Sebelumnya, silahkan agan memperhatikan tutorial ini secara baik-baik agar agan-agan semua bisa mengerti caranya. Oke langsung saja daripada banyak basa-basi ini dia.


1. Buka Website Onlinedoctranslator.com


Nah pertama-tama agan harus membuka website nya Onlinedoctranslator.com. Agan bisa membukanya lewat berbagai browser, tapi saran saya agan cukup membukanya dari browser Google Chrome (dan saya sarankan juga agar Google Chrome agan di update ke versi terbaru). Nanti agan akan menemukan tampilan awal atau interface dari website nya. Memang terbilang cukup banyak iklan dari website ini, jadi agan saya harap cukup jeli untuk melihat apa yang harus ditekan. Sekarang agan klik menu "Penerjemah".

2. Upload File Yang Ingin di Translate


Setelah itu agan klik bagian kotak besar berlogo "cloud" lalu pilih "Upload File". Silahkan agan cari file yang akan agan translate ke bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia.

3. Klik Terjemahkan


Setelah sudah mengupload file nya, lalu agan akan diarahkan ke menu "Terjemahkan". Disini agan bisa mengubah bahasa yang akan di translate ke bahasa yang agan mau dan agan butuhkan. Maka sesuaikan saja bagian bahasanya, untuk default nya biasanya translate nya ke bahasa Inggris.

4. Download Dokumen yang Telah di Terjemahkan


Setelah sudah, agan tinggal mendownload saja file dokumen yang telah di translate kan oleh website ini. Nanti bisa agan lihat sendiri hasilnya. Berikut saya berikan contoh hasil dari translate website ini.

Sebelum : 


Sesudah :


Setelah di translate, kemungkinan file nya akan sedikit berantakan posisinya. Tetapi menurut saya itu sudah jauh lebih baik, jadi agan tinggal merapihkan nya saja, tidak usah repot-repot mentranslate berparagraf-paragraf (jika takut tidak sesuai dengan hasil translate sebenarnya). Dan untuk file agan yang sudah terupload ke dalam website tersebut untuk di translate, akan dihapus secara permanen dalam waktu 1 jam setelah di download. Jadi agan tidak perlu khawatir.


Bagaimana?, cukup mudah bukan?. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi agan-agan semua khususnya para mahasiswa dan mahasiswi atau para siswa/siswi. Silahkan beri saran ataupun kritik didalam komentar, karna setiap komentar agan adalah sebuah semangat saya dalam memperbaiki setiap artikel agar lebih baik dan mengembangkan website ini untuk lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!!

Posting Komentar untuk "Cara Mentranslate Sebuah Dokumen Secara Mudah Dan Otomatis Lewat Sebuah Website"