Widget HTML #1

Cara Menscan Sebuah Berkas Menjadi File PDF Atau Format Digital Lewat HP

Mungkin kebanyakan dari kita yang bekerja di kantoran, atau terutama orangtua dijaman sekarang sangat membutuhkan scan sebuah berkas untuk keperluan-keperluan semisal sekolah. Dan biasanya, saat kita ingin menscan sebuah berkas, maka kita harus pergi dulu ketukang fotocopy atau kewarnet yang mempunyai alat untuk menscan berkas kita.




Dijaman sekarang yang sudah canggih ini, dan dimana smartphone-smartphone kita sudah sangat-sangat bagus, seharusnya kita bisa memanfaatkan hal tersebut. Kenapa?, karna sudah banyak orang cerdas diluar sana yang membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan kita dalam melakukan aktifitas kita, terutama dalam proses scan ini.

Jadi kita tidak perlu keluar rumah untuk sekedar menscan berkas kita menjadi format PDF atau format digital lainnya. Oleh karena itu, kali ini saya akan menjelaskan dan memberikan sebuah tutorial singkat bagaimana caranya kita memanfaatkan smartphone kita untuk menscan berkas kita kedalam format PDF atau format digital. Oke langsung saja daripada banyak basa-basi, ini dia tutorialnya


1. Download Aplikasi CamScanner


Pertama-tama agan harus mendownload aplikasi CamScanner yang ada di google playstore. Nah aplikasi ini yang menjadi kunci agar kita bisa menscan berkas kita kedalam format PDF atau kedalam format digital lainnya.

Untuk size nya sekitar 40MBan, tapi menurut saya sepadan karna banyak sekali fitur pada aplikasi ini yang sangat membantu kita. 

Untuk link download aplikasi CamScanner bisa klik DISINI


2. Masuk ke Dalam Aplikasinya


Setelah selesai download aplikasinya, silahkan masuk kedalam aplikasi CamScanner nya. Saat pertama kali masuk aplikasinya, nanti agan akan diberikan sedikit tutorial atau pengenalan dari aplikasi tersebut. Silahkan agan klik "Lanjutkan" saja, tetapi jika agan ingin berlangganan aplikasi ini (untuk mendapatkan fitur ekslusif, maka klik yang bawah nya).


3. Login atau Tidak



Disini agan ada 2 pilihan, agan harus register atau langsung saja menggunakan aplikasinya. Jika agan memang tidak ingin ribet, maka langsung saja agan memilih "Gunakan Sekarang".


4. Interface Utama



Saat masuk kedalam aplikasi, agan langsung disuguhkan oleh pop-up "Upgrade ke Premium", maka agan pilih "Start Your Free Trial" untuk memakai yang versi gratisan. Setelah itu agan klik icon foto dengan tulisan "Mulai Pemindaian" di pojok kanan bawah. Jika muncul pop-up permintaan izin, maka izinkan saja.


5. Mulai Scan



Setelah itu, sekarang saatnya agan menscan berkas yang agan ingin jadikan format digital. Utamakan gambar yang di ambil harus jelas agar mudah terdeteksi dan mudah dijadikan format digitalnya.


6. Simpan File nya



Setelah sudah, agan tinggal simpan file nya kedalam smartphone agan. (maaf jika berkas nya saya coret karna privasi).


7. Convert To PDF



Setelah sudah, agan klik icon bagikan di kanan atas lalu klik "Share PDF" untuk menconvert file berkas agan menjadi PDF. Lalu setelah itu klik "Save to Local" untuk menyimpan sesuai dengan file yang agan inginkan. Atau agan juga bisa mengshare langsung ke Whatsapp, Gmail, Telegram, dsb.


Nah cukup mudah kan?, silahkan share ke keluarga agan atau ke teman-teman agan yang memang membutuhkan dan masih belum tau caraya. Saya harap artikel kali ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Oke sekian dari saya, silahkan beri saran maupun kritik lewat kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel bermanfaat untuk agan-agan semua. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Cara Menscan Sebuah Berkas Menjadi File PDF Atau Format Digital Lewat HP"