Widget HTML #1

Cara Mencari Informasi Tentang Sebuah Hal Lewat Aplikasi Google Lens Di Android

Terkadang saat kita sedang berjalan entah ke tempat destinasi wisata, atau sekedar berjalan-jalan di sekitaran daerah perumahan kita, kita pernah menemukan hal-hal unik yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Mungkin saat itu kita akan bingung disaat kita bertanya kepada orang-orang disekitar kita namun tidak ada jawaban yang dapat memuaskan rasa keingintahuan kita.




Nah pada kali ini, saya akan menjelaskan sebuah tutorial singkat tentang suatu aplikasi dari Google, yaitu Google Lens. Apa itu Google Lens?, mungkin definisi singkat nya adalah Google Lens ini hampir sama fungsinya dengan Google Search By Image. Karna kita memang harus memfoto sebuah objek agar bisa ditelusuri oleh mesin pencari Google. Tetapi dalam konteks yang lebih mudah dan efisien.

Bagaimana cara menggunakan nya?, berikut adalah tutorial singkatnya, silahkan disimak baik-baik.


1. Download Aplikasi Google Lens di Playstore


Pertama-tama agan harus mendownload aplikasi Google Lens di playstore terlebih dahulu. Size nya tidak besar, hanya sekitar 19MB. Silahkan search Google Lens di playstore atau agan bisa langsung mengklik link nya DISINI

2. Masuk ke Aplikasinya


Setelah selesai mendownload aplikasinya, silahkan masuk ke dalam aplikasinya. Didalam aplikasinya agan akan menemukan beberapa fitur seperti :
  • Telusuri : Berfungsi untuk menelusuri berbagai objek yang telah kita scan gambarnya
  • Teks : Berfungsi untuk menyalin teks yang telah kita scan gambarnya
  • Terjemahan : Untuk mentranslate kata
  • Pekerjaan Rumah : Untuk membantu kita mencari jawaban soal dari pekerjaan rumah (PR) kita
  • Belanja : Membantu kita mencari lokasi tempat penjual barang yang telah kita scan
  • Tempat : Membantu kita untuk mengetahui lokasi sekitar kita
  • Makan : Membantu kita mencari restoran terdekat untuk menu makanan yang telah kita scan
Karna kita akan mencari atau menelusuri sebuah informasi, kita pilih menu "Telusuri".

3. Scan Objek Yang Ingin di Cari Tau


Silahkan arahkah kamera ke objek yang agan ingin cari tau informasinya, atau agan bisa mengupload foto dari gallery smartphone agan dengan mengklik icon galeri di pojok kanan atas. Lalu klik search dengan icon kaca pembesar. Setelah itu akan muncul informasi singkatnya, jika ingin lebih banyak tentang informasinya, klik "Hasil lainnya".

4. Cari Informasinya


Setelah itu, agan hanya tinggal mencari informasi dari objek yang agan ingin cari di google. Jika objek jelas atau dikenal oleh google, maka google akan memberikan berbagai informasi mengenai objek tersebut. Tapi sebaliknya, jika objek kurang jelas dan objek tidak dikenal oleh google, maka google pun tidak dapat membantu mencarikan informasinya, atau google akan memberikan saran yang mirip dengan objek tersebut.


Cukup mudah bukan?, oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar karna agan akan membantu saya dalam mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa pada artikel selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Informasi Tentang Sebuah Hal Lewat Aplikasi Google Lens Di Android"