Widget HTML #1

Beberapa Faktor Penyebab Aplikasi Terhenti Sendiri di Android

Pernahkah agan-agan ketika sedang memainkan smartphone agan lalu aplikasi yang sedang agan mainkan tiba-tiba terhenti?. Padahal pada saat agan mainkan, aplikasi tersebut sedang memuat konten yang seru buat kita, kita contohkan saja seperti aplikasi facebook, twitter, youtube, atau bahkan aplikasi game sekalipun.




Nah pasti kita akan menerka-nerka, mencoba mencari jawaban atas hal tersebut, mengapa aplikasi tersebut bisa terhenti atau "force close"?. Disini saya akan memberikan sebuah jawaban atas kejadian tersebut. oke daripada banyak basa-basi langsung saja kita ke inti pembahasan nya.


1. Smartphone Panas

Penyebab aplikasi dapat terhenti dengan sendirinya adalah smartphone kita dalam keadaan panas. Kok bisa smartphone kita panas?, karna smartphone kita mungkin dari sisi spesifikasinya tidak terlalu bisa untuk menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus, mungkin dari sisi RAM yang kecil atau Chipset nya juga yang lawas. Maka solusinya adalah, biarkan smartphone agan turun dulu panasnya dengan cara tidak memainkannya, atau bisa juga diangin-anginkan didepan kipas supaya suhu dari smartphone agan bisa turun kembali secara normal.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Ya karna agan sekaligus membuka aplikasi secara bersamaan, lagi-lagi karna smartphone agan tidak di-desain untuk memuat banyak aplikasi dan memang kinerja nya tidak bisa dibuat sedemikian kencang. Jadi saran saya, biasakan agan untuk menutup aplikasinya jika memang sudah tidak terpakai dengan menghapus recent apps nya. Jadi mencegah aplikasi berjalan di latar belakang.

3. Aplikasi Tidak Cocok dengan smartphone agan

Beberapa aplikasi dibuat sesuai dengan versi android masing-masing, jadi salah satu keuntungan atau salah satu tujuan dari aplikasi di update itu bukan hanya tentang fitur, tapi juga mengikuti versi-versi android. Jadi jika aplikasi itu saat agan buka sering force closed atau keluar sendiri, mungkin agan bisa cari aplikasi yang sama namun dengan versi yang berbeda (sesuaikan dengan versi di smartphone agan).

4. Aplikasi Masih Tahap Pengembangan

Banyak aplikasi di playstore yang terdapat tulisan "Akses Awal", maksudnya adalah aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan, atau belum dalam versi final. Jadi jika saat agan install lalu terdapat banyak kesalahan hingga aplikasinya masih sering keluar, saya rasa itu wajar karna aplikasinya lagi-lagi masih tahap pengembangan. Solusinya adalah agan tidak perlu menginstall aplikasi tersebut, silahkan cari aplikasi yang sama, tetapi yang sudah versi final nya.


Bagaimana?, semoga artikel ini dapat membantu agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel terbaik dan bermanfaat serta mengembangkan website ini menjadi lebih baik. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Beberapa Faktor Penyebab Aplikasi Terhenti Sendiri di Android"