Widget HTML #1

Beberapa Dampak Negatif Akibat Kecanduan Bermain HP Untuk Anak-Anak

Dengan adanya smartphone, memang kehidupan kita akan lebih mudah untuk berbagai hal. Misalnya, kita jadi lebih terbantu dalam mencari berbagai informasi secara cepat, atau kita jadi bisa berhubungan dengan keluarga, dengan sahabat, dengan guru, atau dengan siapapun diwaktu yang bersamaan, bahkan jaman sekarang smartphone bisa kita gunakan untuk berbelanja secara online lewat aplikasi-aplikasi online shop.




Begitupun dengan anak-anak kita. Anak-anak kita setelah ada smartphone mungkin akan jadi lebih mudah dalam proses belajar, dalam mencari informasi mengenai tugas sekolahnya, maupun sebagai hiburan bagi dirinya. Tapi apakah pernah kita memikirkan dampak negatif yang diakibatkan jikalau anak kita terlalu banyak menggunakan smartphone hingga kecanduan?.

Berikut ini saya akan berikan beberapa dampak negatif bagi anak-anak yang kecanduan bermain smartphone atau HP, dan informasi inipun juga penting untuk para orangtua ketahui, silahkan disimak berikut ini.


1. Penglihatan Anak Jadi Kurang Baik

Yang pertama adalah mata anak anda mungkin bisa menjadi kurang baik penglihatan nya. Ini berlaku bukan hanya kepada anak, namun juga kepada setiap orang yang memang memainkan smartphone atau HP nya terlalu lama. Dan juga ditambah lagi dengan layar yang terlalu terang, ini juga cukup atau bahkan sangat berbahaya bagi mata anak anda.

Pastikan jika anak anda sedang bermain smartphone entah menonton youtube atau sedang bermain game, batasi waktunya, jangan terlalu lama. Dan juga pastikan layar nya tidak terlalu terang karna khawatir dapat merusak mata anak anda.

2. Sering Tidak Fokus, Hanya Ingat Game yang Ia Mainkan Saja

Kedua adalah anak anda jadi kurang fokus pada tiap pelajaran atau hal apapun karna yang ia ingat adalah game yang sedang seru-serunya ia mainkan. Memang, game juga baik untuk anak-anak anda selain game dapat melatih otak anak anda (tapi tergantung game nya juga), juga dapat memberikan informasi secara tidak langsung kepada anak anda.

Jadi biarkan anak anda bermain game, namun anda juga harus mengerti dan memantau game tersebut. Karna dikhawatirkan konten game tersebut kurang cocok untuk anak-anak. Jadi sebelum anak anda bermain game, saya sarankan anda tau dulu game tersebut game apa, jikalau ada unsur kekerasan atau unsur seksual, saya rasa anda patut menemaninya bermain game atau membatasi konten-konten game nya. Dan juga usahakan jangan terlalu lama bermain game, sewajarnya saja.

3. Lupa Waktu

Yang paling sering adalah ini, anak anda akan jadi sering lupa waktu jikalau sudah fokus bermain smartphone nya. Misal yang tadinya teratur jam makan nya, maka sekarang setelah ada smartphone malah jadi sering mengulur-ngulur waktu karna anak anda terlalu asik dengan konten atau game yang sedang ia mainkan.

Bagi anak-anak yang usianya masih terlalu dini, saya sarankan jangan terlalu sering diberikan smartphone atau bahkan jangan diberi smartphone. Berikan ia smartphone jikalau ada hal penting seperti belajar ataupun mencari informasi untuk tugasnya. Saya rasa tiap orang tua pasti sudah memahami akan hal tersebut.

4. Mengetahui Sesuatu Hal Yang Belum Cukup untuk Umurnya

Ini yang cukup buruk bagi anak anda. Jika kita telah memberikan smartphone untuk anak-anak kita apalagi yang usianya masih SD, mereka belum mengerti atau belum bisa menyaring konten mana yang seharusnya mereka ketahui. Dunia internet ini begitu luas, apapun konten nya bisa dibuka. Mau diblokir bagaimanapun, jikalau usaha pasti ada jalan keluarnya. 

Begitupun untuk para orang tua, ini adalah tugas bagi orang tua dalam mengontrol smartphone anak-anak nya. Karna kita tidak pernah tau konten apa yang mereka nikmati di dunia internet ini karna begitu luasnya. Jadi usahakan kontrol anak anda supaya terjaga dari berbagai konten negatif di internet.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua khususnya para orang tua dalam menjaga anak-anak nya dari kecanduan smartphone atau HP. Silahkan share ke keluarga atau ke teman-teman agan supaya informasi ini dapat sampai kepada mereka. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Beberapa Dampak Negatif Akibat Kecanduan Bermain HP Untuk Anak-Anak"