Widget HTML #1

Apakah Menginstall Launcher Dapat Membuat Turun Performa Smartphone Android?

Kembali saya menemukan sebuah pertanyaan di salah satu grup tentang android di Facebook, pertanyaan nya adalah "Apakah Menginstall Launcher Dapat Membuat Turun Performa Smartphone Android?". Dan pertanyaan tersebut cukup menarik menurut saya, dan akan saya bahas pada artikel kali ini. Tapi sebelum saya membahas tentang pertanyaan tersebut, agan tau kan launcher itu apa?.




Launcher adalah sebuah tampilan utama sebuah smartphone android yang mengoprasikan berbagai macam shortcut dari aplikasi-aplikasi yang telah terinstall di smartphone agan. Pasti agan sudah paham dengan penjelasan singkat dari saya tadi, karna launcher selalu kita temui saat kita membuka smartphone kita.

Nah, kali ini saya akan membahas, apakah benar jika kita menginstall launcher akan membuat performa dari smartphone kita dapat turun?. Ini dia pembahasan nya.


1. Internal Memory Smartphone Agan Telah Cukup Penuh

Nah, alasan pertama kenapa saat kita menginstall launcher bisa membuat smartphone kita turun performa nya adalah karna space dari internal memory agan telah cukup penuh. Sebagian smartphone, atau bahkan kebanyakan smartphone sekarang tidak bisa memindahkan aplikasi terinstall untuk memenuhi data external memory, jadi semua akan menumpuk di internal memory.

Itulah sebab kenapa banyak dari smartphone kita sekarang yang dijual dipasaran memiliki kapasitas internal yang besar-besar, bahkan paling besar ada yang sampai berkapasitas 1TB. Jadi jika memang terjadi seperti ini, silahkan liat kapasitas memori internal agan. Jikalau sudah cukup penuh, saya rasa tidak perlu untuk menginstall launcher pihak ketiga

2. Fitur Segudang Dari Launcher

Alasan kedua, karna launcher yang agan download itu memiliki segudang fitur yang juga dapat memengaruhi kinerja smartphone agan. Makin banyak fitur, makin besar juga size untuk data launcher tersebut. Tetapi, banyak atau sedikitnya fitur pun juga tergantung dari kebutuhan agan masing-masing.

3. Kurang Stabilnya Launcher (Atau Masih Dalam Tahap Pengembangan)

Untuk alasan ketiga, karna launcher yang kita download itu masih dalam tahap pengembangan. Jadi saat dipakai untuk launcher utama smartphone kita, maka sistem nya masih "Berantakan" dan sistem smartphone kita tidak lancar dalam memprosesnya. Jadi cara mengatasinya ya cukup cari laucher yang sudah stabil, atau juga bisa pakai launcher bawaan smartphone agan.

4. Launcher Banyak Iklan

Iklan cukup mengganggu bagi user launcher tersebut, tetapi saya paham kenapa developernya menaruh iklan pada aplikasinya. Tidak lain dan tidak bukan karena pihak developer ingin mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut. Atau juga, agar developer dari launcher tersebut bisa menjual aplikasi launcher yang versi pro nya.


Lalu bagaimana cara membenarkan nya?, atau bagaimana cara mengatasinnya?

  • Agan tidak harus menggunakan launcher pihak ketiga
  • Jika agan ingin mempercantik tampilan smartphone, bisa gunakan tema bawaan smartphone agan atau bisa mencari launcher yang sudah stabil atau versi final
  • Cari launcher yang size nya tidak terlalu besar

Oke sekian dulu pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk agan-agan semua. Silahkan beri saran maupun kritik agar website ini dapat berkembang lebih baik lagi. Sekian dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!!.

Posting Komentar untuk "Apakah Menginstall Launcher Dapat Membuat Turun Performa Smartphone Android?"