Widget HTML #1

Apakah Fitur NFC Pada Smartphone di Tahun 2020 Penting?

Saya mencoba membuka sebuah obrolan dengan beberapa teman saya, dan ada salah satu diantara mereka yang bertanya kepada saya mengenai fitur NFC pada sebuah smartphone. Apakah fitur NFC ini menjadi sebuah kewajiban atau paling tidak apakah kita perlu menggunakan fitur NFC ini di tahun 2020 ini?. Apakah sebegitu berguna nya fitur yang tidak dimiliki oleh banyak smartphone ini?.




Pertama-tama, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu NFC. NFC ialah singkatan dari "Near Field Communication" yang memiliki fungsi untuk komunikasi antar dua perangkat dengan cara mendekatkan atau menempelkan. Dan biasanya, fitur NFC ini bisa kita temukan untuk pengecekan saldo E-Toll, atau pembayaran seperti restoran, barang, dsb yang memang tersedia fitur pembayaran secara NFC.

Namun, apakah fitur NFC ini penting?, atau bahkan wajib kita miliki?, jawaban saya adalah Tergantung. Mengapa?, mari kita bahas bersama.


1. Melakukan Proses Pembayaran

Untuk agan-agan yang memang pada dasarnya tidak suka ribet, ingin mencari hal yang mudah dan simpel, fitur NFC ini bisa sangat membantu agan-agan semua. Karna jikalau kita ingin melakukan proses pembayaran, tidak perlu lagi mengeluarkan uang cash ataupun kartu debit, agan cukup dengan smartphone saja.

Tapi jikalau agan memang tidak pernah mempermasalahkan hal itu, saya rasa NFC ini juga kurang begitu penting. Karna khususnya saya pribadi, saya lebih senang untuk memakai uang cash daripada menggunakan kartu debit, atau bahkan dengan NFC ini.

2. Mengisi E-Money

Fitur NFC ini sangat berguna bagi agan-agan yang memang memiliki kendaraan roda 4 atau mobil. Yang pada jaman sekarang, tol biasanya menggunakan kartu E-Toll sebagai alat pembayaran nya. Jadi agan-agan tidak perlu ribet untuk mengisi E-Money nya ke gerai-gerai semisal alfamart, dsb.

Tapi jika agan tidak punya kendaraan roda 4 atau mobil, dan memang untuk akses kemana-mana masih menggunakan motor, saya rasa fitur NFC ini kurang penting. Toh, kalau memang harus menggunakan E-Money agan bisa top-up di gerai-gerai terdekat (meski memang kurang efisien, tapi tidak masalah).

3. Mengisi Daya Smartphone

Untuk agan-agan yang mempunyai smartphone-smartphone terbaru dengan fitur wireless charging, mungkin fitur-fitur NFC ini bisa jadi cukup penting. Karena dengan fitur ini, agan juga jadi lebih terbantu serta lebih menghemat waktu dalam mencharging smartphone nya, tidak pusing-pusing lagi mencari kabel untuk mencharging smartphone nya. 

Tapi untuk agan-agan yang tidak memiliki fitur ini pada smartphone nya, saya rasa juga tidak ada masalah. Apalagi untuk sekarang, banyak smartphone yang memiliki fitur fast charging dengan kabel data khusus dari brand-brand seperti Oppo, Vivo, dsb.

Maka jika diambil kesimpulan, menurut saya sih penting atau tidaknya fitur NFC ini kembali lagi kepada kebutuhan agan terhadap smartphone. Karna, selagi memang fitur NFC ini dapat membantu kehidupan agan menjadi lebih mudah, kenapa tidak?. Karna saya yakin, dengan  perkembangan teknologi, semuanya bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia menjadi lebih baik dan super mudah.


Oke sekian dulu untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik dan bisa terus memberikan informasi-informasi bermanfaat bagi agan-agan semua. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Apakah Fitur NFC Pada Smartphone di Tahun 2020 Penting?"