Widget HTML #1

Apa Perbedaan Signifikan Dari Xiaomi Redmi Note 8 dan Xiaomi Redmi Note 9?

Kemarin saya ditanya oleh teman saya mengenai smartphone dari brand Xiaomi yaitu Xiaomi Redmi Note 8 dan Xiaomi Redmi Note 9. Dia bertanya, apa saja perbedaan dari smartphone Xiaomi Redmi Note 8 dan Xiaomi Redmi Note 9?.




Pada artikel kali ini saya akan berusaha menjelaskan dan memberikan informasi mengenai perbedaan dari kedua smartphone tersebut. Tapi harus digaris bawahi bahwa saya tidak akan memilih dari kedua smartphone ini mana yang lebih bagus, silahkan tergantung dari persepsi agan masing-masing saja. Oke langsung saja silahkan disimak artikel berikut ini.


1. Tanggal Perilisan

Untuk tanggal perilisan ini, memang Xiaomi Redmi Note 8 hadir lebih dahulu sebelum Xiaomi Redmi Note 9 (ya bisa dilihat dari seri nya juga). Dan dari sini juga sebenarnya banyak perubahan yang mencolok dari kedua smartphone tersebut karna bisa dibilang Xiaomi Redmi Note 9 adalah penerus dari Xiaomi Redmi Note 8 dan mungkin juga, Xiaomi melakukan banyak peningkatan untuk smartphone yang baru sebagai penyempurna dari versi sebelumnya.


2. Segi Build Quality

Untuk segi build quality, pada smartphone Xiaomi Redmi Note 8 memiliki bodi belakang kaca dan dilindungi juga dengan kaca Corning gorilla glass 5 (sumber gsmarena.com), sedangkan Xiaomi Redmi Note 9 memiliki bodi belakang plastik. Untuk bodi ini tergantung selera agan masing-masing. Tapi kalau saya pribadi, saya lebih suka dengan bagian bodi belakang yang kaca, terlihat lebih keren dibanding plastik.


3. Segi Display

Untuk segi display, sebenarnya ada peningkatan kelebaran dari kedua smartphone tersebut. Semisal dari Xiaomi Redmi Note 8 yang mempunyai dimensi layar 6.3 Inc, sedangkan adiknya atau Xiaomi Redmi Note 9 memiliki dimensi layar 6.53 Inc. Untuk kedua layarnya masih sama-sama IPS.


4. Segi Prosesor/Chipset

Nah untuk yang segi prosesor atau chipset ini yang paling berubah dari kedua smartphone tersebut. Xiaomi Redmi Note 8 masih memakai chipset dari Snapdragon yaitu Snapdragon 665 (11nm) sedangkan Xiaomi Redmi Note 9 memakai chipset Mediatek yaitu Mediatek Helio G85 (12nm). Saya tidak ingin menggungulkan yang mana, tapi saya lebih prefer atau memilih Xiaomi Redmi Note 8 yang memakai chipset Snapdragon 665. Tapi untuk performa saya rasa tidak beda jauh dengan Xiaomi Redmi Note 9 yang memakai chipset Mediatek Helio G85 (12nm).


5. Segi Perekaman Video

Kamera dari kedua smartphone ini sama ukurannya. Hanya saja, Xiaomi Redmi Note 8 lebih unggul karna bisa video 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, serta ada fitur Gyro-EIS nya. Sektor ini yang menurut saya juga sangat berpengaruh bagi usernya (apalagi user yang aktif memakai kamera sebagai perekam video)


6. Segi Battery

Untuk segi batre, Xiaomi Redmi Note 9 lebih unggul karena memiliki kapasitas batre sebesar 5020mAh sedangkan Xiaomi Redmi Note 8 hanya memiliki kapasitas batre sebesar 4000mAh. Ini berpengaruh juga kepada agan-agan yang senang bermain game atau paling tidak membutuhkan smartphone yang memiliki batre berkapasitas besar


Oke sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Jangan lupa beri komentar saran maupun kritik agar website ini dapat bekembang lebih baik lagi. Saya pamit undur diri dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Signifikan Dari Xiaomi Redmi Note 8 dan Xiaomi Redmi Note 9?"