Widget HTML #1

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5 - Tidak semua orang membutuhkan sebuah smartphone dengan layar besar. Akan tetapi, ada beberapa orang yang bahkan sangat membutuhkan smartphone berukuran besar untuk menunjang aktifitas sehari-hari semisal bekerja.

Maka pilihan yang tepat adalah sebuah "Tablet". Tablet biasanya berukuran minimum 7 inch dan paling besar yang pernah ada adalah 10 Inch. Tablet biasa digunakan untuk bermain game, atau sekedar menonton film/video, atau bisa juga untuk bekerja.

Kalau saya pribadi, tablet saya gunakan hanya untuk kegiatan multimedia saja yaitu menonton youtube dan paling hanya game-game ringan saja seperti Clash of Clans atau yang lagi ramai sekarang yaitu Among Us.

Btw, saya sudah membuat artikel tentang unboxing dari tablet ini ya, untuk agan yang belum melihatnya bisa cek terlebih dahulu di artikel sebelumnya. Oke langsung saja daripada banyak basa-basi, berikut pembahasannya untuk agan-agan semua.

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Sekedar info mengenai tablet ini, tablet ini berasal dari China dengan merk Findee (kemungkinan) karna saya telah mencoba mencari berbagai informasi dari tablet ini, tapi tidak menemukan nya.

Dan bahkan yang mempunyai tablet ini di Indonesia cukup sedikit jadi ini termasuk tablet langka di Indonesia. Saya mendapatkan tablet ini di marketplace Shopee sekitar pertengahan bulan lalu.

Oke langsung saja berikut review nya.

1. Build Quality & User Interface

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Untuk tampilan antarmuka nya, standar sekali sebagaimana tablet-tablet atau smartphone-smartphone dari China. Pure android, dan pada launcher nya pun tidak banyak kostumisasi, makanya saya lebih suka menggunakan launcher pihak ketiga dari playstore agar tampilan pada tablet ini lebih kelihatan bagus.

Dari segi build quality nya, tablet ini memiliki material belakang plastik, dengan frame metal. Untuk layar depan, saya tidak tau apakah dilindungi oleh kaca corning gorilla glass atau tidak karna minimnya informasi mengenai tablet ini. Tapi jika dipikir dari harganya yang cuma 1 jutaan, mungkin komponen-komponen pelindung di tablet ini standar saja. 

2. Kamera

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Untuk sisi depan layar terdapat 1 kamera depan beresolusi 8MP dengan fitur standar saja, selain itu ada tombol untuk back ke home di sisi bawah layar. Untuk sisi belakang terdapat 1 buah kamera beresolusi 13MP dengan tambahan fitur EIS (Electronic Image Stabilization) agar saat pengambilan video tidak ada guncangan (atau bahasa Indonesia nya menstabilkan hasil perekaman video).

Tapi jujur bisa saya katakan bahwa hasil kamera dan perekaman video nya (dari kamera belakang) cukup bagus untuk tablet 1 jutaan. Bagus dalam kondisi cahaya cukup, tapi kalau cahaya redup atau gelap, bisa agan simpulkan sendiri hehehe.

3. Fitur Unik

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Ada beberapa fitur yang menurut saya unik dan hadir di tablet yang satu ini, yaitu ClearMotion dan MiraVision. MiraVision berfungsi untuk menyempurnakan kualitas gambar sedangkan ClearMotion berfungsi untuk membuat hasil video lebih maksimal.

Saya tidak yakin apakah fitur ini benar-benar aktif atau hanya sekedar gimmick, yang pasti fitur ini tidak terlalu berguna menurut saya atau mungkin tidak berefek lebih pada kinerja tablet.

4. Spesifikasi & Software Update

Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5

Untuk spesifikasi dari tablet Findee Ifive Pro Mini 5 ini, ia memakai chipset Mediatek Helio x20, dengan dibekali Ram sebesar 3GB dan internal sebesar 16GB. Untuk kelengkapan sensor nya terbilang cukup lengkap, bahkan ada sensor Gyroscope nya.

Untuk baterai, tablet ini memiliki kapasitas sebesar 3350mAh yang saya pun tidak bisa memastikan berapa pasti nya. Karna saat saya cek di berapa aplikasi ada yang mencatat 2900mAh, ada yang 3000mAh sekian. Tapi overall untuk baterai nya sangat awet.

Kesimpulan

Tablet ini tidak cocok bagi agan-agan yang memang mengharapkan pemakaian jangka panjang. Karena mau bagaimapun juga, tablet ini bukan tablet yang 100% original. Meskipun terlihat bagus dari sisi spesifikasi hingga penampilan, namun semuanya hanya tipuan semata.

Ya harus diakui untuk pemakaian sehari-hari, tablet ini cukup baik menjalankan berbagai macam aplikasi sosial media, multimedia, hingga game-game ringan. Tapi tentu tidak sebaik tablet resmi dari brand resmi juga.

Silahkan beli tablet atau beli barang yang original agar agan-agan pun dapat merasa lebih aman dan nyaman. Tablet ini cocok bagi mereka yang memang tidak terlalu memperdulikan keoriginalan sebuah barang.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

1 komentar untuk "Review Tablet Android Findee Ifive Pro Mini 5"

Comment Author Avatar
Semoga segera tersedia lagi tabletnya