Widget HTML #1

Apakah Update Sistem Android Bisa Bikin HP Jadi Lag?

Apakah Update Sistem Android Bisa Bikin HP Jadi Lag?

Apakah Update Sistem Android Bisa Bikin HP Jadi Lag? - Pendapat ini sering sekali saya temukan di beberapa forum tanya jawab tentang smartphone khususnya android.

Atau saya juga sering sekali menemukan pertanyaan-pertanyaan yang hampir sama dengan pendapat tersebut di kehidupan nyata saya, bahwa ketika kita mengupdate sistem smartphone kita, maka akan timbul lag atau performa dari smartphone kita menjadi menurun atau menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sampai tuntas mengapa ada pendapat seperti itu. Saya akan berusaha menjabarkan beberapa pengetahuan saya mengenai update sistem ini (khususnya di smartphone berbasis android).

Namun sebelum masuk ke inti, agan tau tidak tentang fungsi atau apa itu update sistem?. Secara garis besar saja, alasan mengapa android mengupdate sistem nya adalah tidak lain dan tidak bukan yaitu mengupdate sistem android tersebut supaya lebih baru.

Nah, dari update sistem itulah device kita bisa mendapat fitur baru, user interface/tampilan antarmuka yang lebih baru, atau hanya sekedar "menambal" beberapa kekurangan atau bug yang terjadi pada versi sebelumnya.

Pada intinya, update sistem ini bertujuan agar sistem agan menjadi lebih baru serta membuat apa-apa yang sebelumnya terjadi error pada sistem bisa dibenarkan/di fix. Masuk kedalam inti permasalahan, kenapa ya smartphone kita bisa lag atau turun performa nya ketika kita selesai update pembaharuan sistem?.

ada beberapa faktor, misalnya :

1. Smartphone Terlalu Penuh Kapasitas Memorinya

Ketika kita mengupdate sebuah sistem, maka kita membutuhkan pula memori untuk menyimpan update tersebut. Sedangkan saat update sistem, akan ada berbagai hal baru yang akan masuk kedalam smartphone kita.

Nah, bisa jadi karna memori dari smartphone agan memang sebenarnya sudah tidak cukup untuk menampung update baru. Atau agan terlalu banyak menyimpan file-file khususnya di memori internal. Maka saran saya, lebih baik simpan semua file penting di memori external.

2. Update Sistem Yang Memiliki Banyak Animasi Dan Juga Aplikasi Tambahan

Di beberapa sistem android, ketika mereka mengupdate sistem maka akan menambahkan beberapa animasi dan juga beberapa aplikasi tambahan. Mengapa?, selain agar tampilan smartphone kita menjadi lebih bagus dan keren dari sebelumnya, itu juga menjadi sebuah penanda akan update, karna kalau sama saja fiturnya dengan yang sebelum-sebelumnya ya percuma.

3. Smartphone Sudah Tidak Mampu Untuk Menjalankan Update Terbaru

Nah ini yang mungkin paling masuk akal atau relate, smartphone agan sudah tidak seharusnya mendapat update terbaru. Karna ketika kita memaksakan untuk mengupdate ke versi terbaru, maka smartphone kita akan menjalani sebuah sistem yang lebih memacu sistem lebih keras dibanding sebelumnya.

Tapi biasanya, smartphone-smartphone yang memang sudah tidak mampu untuk menjalankan sistem terbaru akan di stop update sistemnya demi lancar nya sistem di smartphone tersebut.

Jadi silahkan agan-agan perhatikan di point-point tersebut yang menyebabkan smartphone agan menjadi lag atau turun performanya ketika selesai update sistem.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Apakah Update Sistem Android Bisa Bikin HP Jadi Lag?"